Total Tayangan Halaman

Senin, 12 April 2010

Ayo Shalat

SHALAT SEBAGAI KEWAJIBAN MANUSIA
Al-qur’an sebagai sumber hukum utama dalam Islam merupakan teks perintah Tuhan yang bisa dibaca oleh manusia. Sudah menjadi keharusan bagi umat manusia untuk mengimaninya. Dan di dalam Al-Qur’an termaktub segala aturan, undang-undang, norma, sanksi dan lain sebagainya yang merupakan hukum kehidupan. Seperti halnya hukum sebab akibat yang melekat [pada manusia dalam kehidupan ini, yakni yangt berbuat baik akan bahagia dan yang berbuat buruk akan celaka. Tata aturan dalam Al-Qur’an itu berupaya mengajak manusia ke arah kebaikan; memperoleh kebahagiaan. Secara garis besar dalam Al-Qur’an untuk memperoleh kebahagiaan itu manusia harus beribadah.
Ibadah adalah jenis tertinggi dari kedudukan dan kerendahan diri di hadapan Allah. Tentang pentingnya ibadah, cukup kiranya kita mengetahui bahwa tujuan alam semesta dan manusia tidak lain beribadah ini termaktub dalam Q.S.Adzariyat ayat 2. Ibadah mempunyai makna mengabdi (menjalankan segala perintah dan menjauhi segala laranganNya) dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan oleh Allah dalam Al-Qur’an, kemudian dijelaskan oleh Nabi dalam hadits-hadits beliau.
Ibadah shalat merupakan satu-satunya ibdah bagi manusia yang paling utama, menduduki posisi ke dua dalam rukun Islam. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya shalat baik untuk dunia maupun akhirat.
Imam Az-Zarnuzi dalam Ta’limal Muta’alim memnyatakan bahwa utama-utamnya ilmu adalah ilmu Fiqih yang mana ilmu fiqih merupakan salah satu cabang ilmu dalam agama Islam, ilmu ini menerangkan tentang segala sesuatu tentang tata aturan kehidupan manusia dan cenderung ke arah teknis pelaksanaan ibadah itu sendiri, tata cara shalat diatur dalam kaidah-kaidah fiqih.
Shalat yang wajib dilaksanakan umat Islam adalah shalat lima waktu yang waktunya telah ditentukan (QS.Annisa’ 03:102). Penjelasan mengenahi waktu shalat telah disampaikan Nabi dalam haditsnya:
Dari Abdullah Ibnu Umar, r.a, Sesungguhnya Nabi Saw. telah bersabda: Waktu shalat dhuhur adalah ketika matahari tergelincir ke barat sampai bayang-bayang setinggi tubuh sampai waktu ashar tiba, waktu ashar adalah sampai matahari terbenam, waktu shalat maghrib adalah hilangnya mega, waktu shalat ‘isya sampai tengah malam, waktu shalat subuh dari fajar sampai terbitnya matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon dengan sangat bagi para pengunjung situs ini untuk memberikan kritik dan saran serta komentar terhadap posting dan artikel kami!