Total Tayangan Halaman

Kamis, 18 November 2010

Napak Tilas "Sanjaya"

Tour de Sumbing Arounding
Kepil - Ahad, 14/11/2010 tour de Sumbing Arounding diikuti oleh 2 peserta. A Nafi' dan Ibnu Hiban. Rute : Kapulogo (Kepil)- Kagungan - Ropoh - Pulosaren - Sutopati (Kaliangkrik Magelang)- Kaliangkrik - Bandongan - Windusari - Tembarak - Temanggung - Parakan - Kledung - Kretek - Kalikajar - Sapuran - Finish : Kapulogo, Kepil.
Obyek menarik : Candi Selogriyo
Laporan Perjalanan :
Kami berangkat start pukul 08.15 WIB dari Base Camp Annaaspala, Desa Kapulogo, Kepil, Wonosobo seperti yang ada dalam rute di atas.
Candi ini berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tepatnya di wilayah Kecamatan Windusari. Memang untuk menuju ke lokasi candi ini agak sulit dikarenakan letak candi yang berada di daerah cukup terpencil, candi ini memang tidak setenar candi Borobudur ataupun candi Mendut yang memang merupakan ikon Pariwisata di Kabupaten Magelang.
Dari arah Kepil kita bisa mengambil arah Bandongan, dari sana kita ke arah Utara menuju wilayah Windusari. Di sepanjang perjalanan menuju ke Selogriyo kita akan disuguhi pemandangan sawah hijau yang menghampar luas.
Akses menuju lokasi memang baru bisa dilalui kendaraan roda dua. Setelah melewati perkampungan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan jalan setapak sekitar 2,5 KM anda akan sampai di lokasi.
Hanya secara historiogeografis candi itu termasuk Candi Hindu,sebab letaknya yang ada di pegunungan. Kemungkinan dibangun pada masa pelarian Sanjaya seperti yang berada di wilayah pegunungan Dieng Wonosobo. Candi ini terletak di bawah Bukit Giyanti, letaknya sangat strategis dari segi keamanan ancaman musuh. Sebab candi ini di kelilingi bukit layaknya benteng. Letaknya yang berada di ketinggian 740 M DPL cukup leluasa untuk memantau pemandangan kota Magelang.
Sayangnya kepala arca di candi ini hanya tinggal 1. Yang lainnya sudah hilang.Demikian laporan ini.
A Nafi & Ibnu Hiban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon dengan sangat bagi para pengunjung situs ini untuk memberikan kritik dan saran serta komentar terhadap posting dan artikel kami!