Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 April 2010

Kemah Media Pendidikan Alternatif Strategis



Kemah Media Pendidikan Alternatif Strategis
Oleh : Ahmad Nafi'
Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami masa transisi. Pembenahan di berbagai segi sedang dilakukan oleh pemrintah maupun swasta. Para ahli di bidang pendidikan sedang melakukan penelitian terkait metode pendidikan yang paling mengena dalam melaksanakan proses pembelajaran. Media pendidikan pun menjadi masalah tersendiri yang begitu rumit. Untuk melaksakan pendidikan yang murah tetapi standara kompetensi dapat terpenuhiu memang sulit. Perlu adanya alternatif metode dan media pendidikan.
Salah satu solusi alternatif adalah dengan kegiatan camping, yakni sebuah kegiatan di alam terbuka yang memberikan media yang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk belajar dari alam. Sekali-kali penting sebuah sekolah mengadakan acara perkemahan. Di dalam kegiatan tersebut guru sebagai fasilitator harus mampu mengarahkan siswa dalam mempelajari alam sesuai dengan pelajaran yang sedang dipelajari oleh siswa di kelas.
Alam bisa menjadi laboratorium IPA yang yang gedungnya luas beratapkan langit, di sana mereka bisa belajar matematika, IPS, Agama, Bahasa dan sebagainya. Dengan melihat tumbuhan disekitar pekemahan guru akan dengan mudahnya memberikan contoh jenis-jenis tumbuhan sehingga bisa diajarkan kepada siswa tentang klasifikasi tumbuhan misalnya. Di tempat perkemahan yang lapang dan datar apalagi di tempat yang tinggi, siswa bisa belajar tentang geografi., Begitu pula dengan tantangan alam siswa ditantang untuk meyakini bahwa alam yang mahaluas pasti ada yang menciptakan. Dan semua yang mereka alami adalah salah satu bagian dari proses kehidupan yang diataur oleh Tuhan di situlah guru mengajarkan pendidikan agama pada siswa.
Selain itu, yang lebih penting, dalam pembelajaran alam luar tersebut siswa diajari cara hidup mandiri dan survival, sehingga berguna untuk memperkuat keahlian memecahkan masalah dan mempertahankan diri. Tentunya sesuai dengan aturan yang ada.
Akan tetapi meski demikian mengenanya metode perkemahan ini, biaya yang akan dikeluarkan pasti banyak. Itu pandangan orang-orang, akan tetapi apabila terkonsep dengan matang dan termenej dengan bagus hasilnya akan luar biasa.
Insya Allah, besok Sabtu 17 April 2010, ANNASpala dan Madrasah Diniyah Mukasysyafatul Quluub akan mengadakan kegiatan camping pelajar. Siapa mau ikutan daftarin aja ke Kantor Pusat Yayasan Annaas Wonosobo, JL. Magelang, Km.36 Kapulogo, Kepil, Wonosobo atau bisa SMS/Call di 085327030789.
Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon dengan sangat bagi para pengunjung situs ini untuk memberikan kritik dan saran serta komentar terhadap posting dan artikel kami!